This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Selasa, 23 Juni 2009

Kijang Innova Kuasai 80 % Pasar MPV Medium

Kijang Innova Kuasai 80 % Pasar MPV MediumPangsa pasar Kijang Innova di mobil serba guna, (MPV) kelas medium tak tergoyahkan. Sepanjang Januari sampai Mei 2009, produk andalan Toyota ini mampu menguasai pasar 80 persen dengan angka penjualan 12.432 unit.

"Kijang Innova tetap menjadi pilihan utama bagi keluarga Indonesia karena memiliki faktor 'i' atau faktor Indonesia. Karena Kijang Innova dibuat berdasarkan keinginan dan kebutuhan keluarga di Indonesia," kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (18/6).

Menurutnya faktor 'i' pada Kijang Innova memang menjadikannya kendaraan ini ramah terhadap keluarga Indonesia. "Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya angka penjualan Kijang Innova setiap tahunnya," ucapnya.

Sejak tahun 2006, papar Johnny, penjualan ritel Kijang Innova di Indonesia terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Di tahun 2006 penjualan ritel Kijang Innova sebanyak 40.451 unit, kemudian di tahun 2007 meningkat menjadi 41.063 unit dan di tahun 2008 meningkat kembali menjadi 50.614 unit.

Ia mengatakan faktor 'i' atau faktor 'Indonesia' yang ada di dalam Kijang Innova merupakan ciri khusus yang tidak dimiliki oleh kendaraan manapun di Indonesia. Karena semua keinginan dan kebutuhan akan mobil keluarga yang ideal bagi keluarga Indonesia ada di dalam Kijang Innova. "Kapasitas yang banyak hingga 8 penumpang, ground clearance yang tinggi, kenyamanan, lapang, performance yang tangguh, kemewahan dan semua keinginan keluarga Indonesia terwujud di Kijang Innova."

Johnny menggambarkan, sebelum mengeluarkan produk andalan tersebut, Tim Toyota pernah pernah ke Sumatra untuk melakukan riset. Mereka bilang ingin kendaraan yang tinggi karena jalanan di Sumatra agak bergelombang.

Kemudian, pihak Toyota juga ke daerah Jawa. Orang Solo mengatakan ingin kendaraan yang tidak terlalu tinggi agar mereka tetap mudah naik dan turun ketika menggunakan kain kebaya. Dan juga orang Indonesia menginginkan mobil yang lapang dan dapat memuat orang banyak.

Minggu, 21 Juni 2009

Toyota Avanza : Masih Perkasa Di Pasar Mobil Nasional

harga avanza baruMobil andalan PT. Toyota Astra Motor tampaknya masih merajai pasar otomotif tanah air tahun ini. Apalagi kalau bukan Toyota Avanza yang kini juga dirakit oleh PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Artinya, Toyota Avanza kini diproduksi dua pabrik TMMIN dan Astra Daihatsu Motor.

Selama periode Januari-Mei tahun lalu, Toyota Avanza sudah terlego sebanyak 37.417 unit. Angka ini membuat Toyota Avanza menjadi mobil yang terbilang perkasa di pasar tanah air. Maklum saja, dengan label Toyota, daya tariknya bisa memikat konsumen dengan kemampuan beli berada di bawah Rp 180 jutaan.

Lalu, di peringkat kedua adalah Daihatsu Xenia. Sebagai saudara kembar satu pabrik, mobil yang berada di rentang harga Rp 110-140 jutaan itu selama periode Januari-Mei berhasil terlego, 15.911 unit atau hampir 50% lebih kecil ketimbang 'abang' kandungnya itu. Kemudian, di peringkat ke tiga diduduki Toyota Kijang Innova yang terjual sebanyak 11.716 unit.

Meski begitu, yang lebih menarik lagi, sesungguhnya adalah adanya sinyal positif pasar otomotif nasional. Setelah berjalan 5 bulan sejak Januari, pada bulan Mei menunjukkan kenaikan yang sedikit menggembirakan. Boleh jadi kenaikan ini lantaran sejumlah stimulus yang diberikan pemerintah terhadap dunia usaha. Misalnya dengan penurunan suku bunga Bank Indonesia menjadi 7,25% hingga Mei lalu. Kemudian, pada Juni kembali diturunkan menjadi 7%.

Dampaknya, beberapa bank dan lembaga pembiayaan mulai mengurangi suku bunga pinjamannya. Walau sesungguhnya, stimulus itu masih terbilang kecil.

* Toyota Avanza Masih Favorit

Untuk informasi Toyota Avanza terbaru, silahkan klik dibawah ini:
Harga AvanzaInterior AvanzaEksterior AvanzaFitur Keselamatan AvanzaFitur Kenyamanan AvanzaSpesifikasi AvanzaPilihan Warna AvanzaFoto Gambar AvanzaKredit AvanzaBrosur AvanzaPanduan AvanzaAksesoris Avanza
Untuk pemesanan Toyota Avanza Baru, silahkan klik dibawah ini:
PT. Liek Toyota - Dealer Toyota Surabaya, Jawa Timur

Minggu, 07 Juni 2009

Membongkar Rahasia VVT-i Innova

VVT-i InnovaMembongkar Rahasia VVT-i Toyota Kijang Innova - VVT-i, atau lengkapnya variable valve timing-intelligent, adalah teknologi untuk membuat katup isap atau masuk bisa bekerja fleksibel atau luwes sesuai dengan putaran mesin. Dengan demikian, selain membuat kerja mesin makin efisien, masalah yang dihadapi pada putaran rendah dan tinggi pada mesin non-VVT-i bisa diatasi. Membongkar Rahasia VVT-i Innova.

Katup pada mesin bisa disamakan pintu pada rumah atau gedung. Nah, kalau orang yang akan masuk sedikit, pintu tidak perlu dibuka lama. Tujuannya agar yang masuk benar-benar yang dibutuhkan. Tetapi, bila orang yang akan masuk banyak, pintu harus dibuka lebih cepat atau awal dan ditutup lebih lama. 

Waktu Katup
Saat bekerja pada putaran rendah, mesin memerlukan campuran udara dan bahan bakar yang lebih sedikit. Maklum, tenaga yang harus dihasilkan juga tidak perlu besar. Kendati begitu, gas ditekan lebih dalam, jumlah bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin bertambah banyak.

Dengan makin banyak massa udara dan bahan bakar masuk ke dalam mesin dan kemudian dibakar, makin besar tenaga yang dihasilkan. Selanjutnya hal itu dimanfaatkan agar kendaraan melaju pada kecepatan lebih tinggi.

Nah, selama ini, pada mesin non-VVT-i atau konvensional, waktu buka dan tutup katup isap selalu sama, baik saat mesin bekerja pada putaran rendah, maupun tinggi. Kondisi seperti ini tentu saja membuat mesin tidak bisa bekerja optimal dan efisien, baik pada putaran rendah, maupun tinggi.

Bila salah satu diutamakan, misalnya putaran tinggi, seperti mesin balap jadul, pada putaran rendah mesin akan “mbrebet”. Selain itu juga boros konsumsi bahan bakar. Sebaliknya, bila hanya putaran rendah, kerja mesin pada putaran tinggi jadi memble. Solusinya, ya VVT-i!

Dengan adanya VVT-i, saat mesin bekerja pada putaran rendah, waktu buka katup isap tidak perlu lama. Waktu buka katup diperlambat dan tutupnya dipercepat. Toh, bahan bakar yang diperlukan mesin sedikit.

Selanjutnya, bila pedal gas ditekan, hal itu menyebabkan kebutuhan mesin terhadap bahan bakar dan udara makin besar. Katup pun membuka lebih cepat dan waktu menutup diperlambat. Artinya, waktu buka katup lebih lama. Dengan demikian, jumlah udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam mesin jadi lebih banyak. 

Kendali Komputer
Untuk bisa membuat katup isap membuka dan menutup sesuai dengan kondisi kerja mesin, pada sistem poros kem katup ditambahkan mekanisme VVT-i. Rangkai komponennya antara lain timing rotor, rumah, dan baling-baling (fan) controler, dan katup spul. Semunya disatukan pada poros kem isap. 

Controler VVT-i bergerak memutar atau menggeser posisi poros kem. Hasilnya, posisi poros kem berubah. Hal ini menyebabkan waktu buka katup berubah, jadi cepat atau lambat. Controler VVT-i bekerja atas tekanan oli dari katup spul (spool valve) yang mengalirkan ke baling-baling.

Kerja katup spul ini dikendalikan oleh komputer mesin. Komputer mengatur kerja katup spul (tipe solenoid) berdasarkan berbagai informasi yang diterima dari sensor-sensor mesin lain. Dengan demikian, pengaturan pembukaan katup lebih cepat atau lambat jadi lebih efisien dan efektif.

Sistem yang lebih canggih dari VVT-i adalah VVTL-i (variable valve timing and lift-intelligent). Pada sistem, ini bukan hanya waktu buka dan tutup katup isap yang bisa dikontrol sesuai dengan putaran mesin, juga tinggi angkatnya.

Pada putaran tinggi, katup terangkat lebih tinggi. Sementara itu, pada putaran rendah, katup terangkat lebih rendah dari dudukannya. Dengan demikian, selain efisien, hal itu juga menghasilkan tenaga mesin yang mumpuni, baik pada putaran rendah, maupun tinggi. VVTL-i digunakan Toyota pada Celica. Membongkar Rahasia VVT-i Toyota Kijang Innova.