This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Selasa, 23 Februari 2010

Toyota Avanza : Manual Atau Matik Sama Aja

Harga Toyota Avanza : Manual, AutomaticToyota Avanza dan Daihatsu Xenia tetap kokoh sebagai pemimpin pasar di kelasnya. Bicara soal Avanza atau Xenia, enggak usah ditanya lagi soal resale value-nya. Bahkan sering kedua 'saudara kandung" itu punya harga jual kembali melebihi harga barunya ketika pertama beli. Itulah salah satu fenomena Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.

Namun, itu fenomena yang terjadi pada Avanza G dan Xenia Xi bertransmisi manual. Bagaimana dengan yang bertransmisi matik? Leovan Widjaja, pemain mobkas (mobil bekas) & kawakan memprediksi tak banyak berbeda. "Sama aja kok," tegasnya.

Karena resale value tinggi itu kan berhubungan langsung dengan demand. Kalau permintaan terhadap mobil tersebut banyak, otomatis harga jual kembalinya akan tinggi.

Ada tiga faktor yang menurut Leovan, Avanza G matik dan Xenia Xi matik bisa laku dan mempunyai resale value sebanding. Pertama, kedua mobil itu sudah mempunyai massa beratus-ratus ribu orang.

Kedua, cukup banyak new comer untuk mobil. Dan terakhir, transmisi matik memang sedang digandrungi saat ini. "Apalagi matiknya ada di Avanza dan Xenia yang memang laris," tegas pria yang juga menjabat general manager Mobil 88, di Sunter, Jakut ini.

Kalau sudah begitu, tak tertutup kemungkinan berimbas ke mobkasnya. la menyontohkan Avanza khususnya yang sudah seperti Kijang kapsul di era '90-an. Saat ini Avanza jadi favorit di pedagang mobkas Tanah Air. "Kalau kita enggak stok 1 unit Avanza saja di showroom kayaknya kurang afdol gitu," ungkap Budiman.

Pasalnya, kata pedege mobkas rumahan yang juga buka showroom di daerah Bekasi itu, Avanza termasuk mobil yang paling banyak dicari. Apalagi, pasaran harga Avanza cukup kuat sehingga boleh dibilang jadi 'ladang emas' dalam jual-beli mobkas.

Pun begitu Xenia Xi 1.300-nya. Depresiasi per tahunnya juga tak terlalu jatuh seperti mobil minibus atau MPV lainnya.

Menurut Leovan, depresiasi Xenia-Avanza tak lebih dari 10%. "Paling 5-6%-an tiap tahunnya," tukasnya. Pasarannya manteng aja, apalagi kalau mau Lebaran. Wuihh... bisa untung banyak pedagang," sergah Budiman.

Di showroomnya, Leovan kasih ancar-ancar harga pasaran Avanza G M/T tahun 2008 sekitar 135 jutaan. Sedangkan untuk tahun 2009-nya berkisar Rp 140 jutaan. Sementara harga seken Xenia Xi M/T tahun 2008 dipasarkan Rp 120 jutaan. Dan dijual Rp 125 jutaan untuk keluaran 2009-nya.



Selasa, 16 Februari 2010

Toyota Rush : Nyaman Pakai Transmisi Matik

Harga Toyota Rush MatikToyota Rush vs Daihatsu Terios. Kembar tapi tak sama. Seperti itulah gambaran Daihatsu Terios dibandingkan dengan Toyota New Rush. Perbedaan mendasar adalah Daihatsu Terios berkapasitas 7 penumpang sedangkan Toyota Rush berkapasitas 5 penumpang. Selain kemapanan brand image Toyota, kemewahan serta kelebihan fitur juga diberikan oleh Toyota Rush.

Sang pemilik, Nino (28 tahun), memilih New Rush sesuai dengan kebutuhannya. Karena belum berkeluarga, maka kapasitas 5 penumpang dirasakan sudah cukup. Sementara transmisi otomatis dinilai sangat cocok untuk kondisi lalu lintas yang macet di pagi dan sore hari. Maklum, Nino yang bertempat tinggal di Bekasi dan berkantor di Gatot Subroto harus merasakan rute macet pulang pergi tiap hari.

Sedikit perbedaan lain antara Daihatsu Terios dan Toyota Rush terletak pada ukuran ban Rush yang lebih lebar serta profil yang lebih rendah daripada Terios. Ukuran ban Terios 216/60/ R15, sedangkan Rush memakai ban 235/65/R16 sehingga pengendaraan Rush terasa lebih stabil. Mesin keduanya sama persis (3SZ-VE) yang menghasilkan tenaga 107 tk/6.000 rpm dan torsi 142,7 Nm/4.400 rpm.

Dengan tempat duduk 5 penumpang, otomatis kapasitas bagasi menjadi lebih luas. Nino pun lebih leluasa membawa berbagai barang saat berlibur ke tempat favoritnya di daerah Labuhan, Jawa Barat. Dengan ground clearance setinggi 200 mm, Nino tenang saja melalui bagian jalan yang rusak selama perjalanan.

Walaupun belum dilengkapi fitur keselamatan seperti airbag, Rush sudah memiliki fitur keselamatan lainnya seperti ABD, EBD, termasuk parking sensor. Varian yang dipakai Nino juga sudah dilengkapi fog lamp dan roof rack. Toyota Rush bertransmisi manual maupun otomatis sudah memiliki fitur lampu belok yang melekat pada kaca spion luar.

Komentar Pemilik Toyota Rush
Setelah saya bandingkan, akhirnya saya memutuskan membeli Toyota Rush karena fiturnya cukup lengkap dan lebih mewah daripada mobil kembarannya keluaran Daihatsu.

Komentar MobilMotor
Memang Toyota Rush lebih mewah dan memiliki fitur keselamatan lebih lengkap dibanding Daihatsu Terios. Konsekuensinya, harga yang dibayar lebih mahal untuk Toyota Rush.

Minggu, 14 Februari 2010

Toyota Yaris : Melengkapi Daftar Panjang Penghargaan dengan Top Brand Award 2010

Toyota Yaris : Harga, Terbaru, Hatchback, Terbaik, IndonesiaToyota Yaris kembali meraih penghargaan tahunan Top Brand, bersama dengan produk unggulan PT. Toyota Astra Motor lainnya, yaitu Toyota Kijang dan Toyota Avanza, yang meraih top index teratas untuk sub kategori otomotif MPV. Penghargaan ini semakin memperkokoh citra hatchback terbaik pilihan masyarakat Indonesia, yang tidak lain adalah Toyota Yaris.
Top Brand award adalah sebuah penghargaan terhadap merek-merek terpilih berdasarkan parameter survei seperti top of mind awareness (merek yang pertama kali disebut oleh responden ketika ketegori produk disebutkan), last used (merek yang terakhir kali digunakan responden dalam 1 re-purchase cycle), dan future intention (merek yang ingin dikonsumsi di masa mendatang). Survei dilakukan secara face to face interview di 6 kota (Bandung, Jakarta, Makassar, Medan, Semarang dan Surabaya) dengan jumlah sampel 500 orang per kota secara random.

”Toyota sangat bersyukur, setiap tahun selalu diberi kesempatan untuk ambil bagian dalam Top Brand award, bahkan Toyota New Yaris melengkapi daftar penghargaan dengan Top Brand 2010,” Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan menjelaskan.

Masing-masing produk pemenang Top Brand award memang telah cukup sering mendapatkan penghargaan. Produk unggulan Toyota, New Yaris melengkapi catatan kemenangannya di berbagai ajang dengan menjadi pemenang Top Brand tahun ini. Setelah sebelumnya menjadi Car of The Year di ajang Indonesian Car of The Year majalah Mobil Motor, menjadi pilihan utama para komunitas di Brand Choice Award by Community oleh SWA, sekaligus memjadi juara nasional dalam Kejuaraan Nasional Slalom tahun 2008 / 2009.

Sementara itu, produk yang memang telah terbukti keunggulannya selama puluhan tahun, Toyota Kijang, telah menjadi juara bertahan sejak tahun 2002 untuk Top Brand Award. Toyota Kijang juga telah meraih sederet penghargaan seperti IMAC, Autobild Award, Otomotif Award, Autocar Award selama beberapa tahun berturut-turut. Demikian pula mobil terlaris di Indonesia, Toyota Avanza, juga telah mencatatkan berbagai penghargaan seperti Top Gear Award, Otomotif Award, dan Autocar Award.

“Berlimpahnya penghargaan ini tentunya memacu kami untuk semakin meningkatkan kualitas produk dan layanan Toyota, dan semoga kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Toyota juga semakin meningkat,” tambah Johnny Darmawan.

Jadi, bagi Anda yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk membeli mobil hatchback baru, tidak salah jika Anda menjatuhkan pilihan pada Toyota Yaris.

Minggu, 07 Februari 2010

Toyota Land Cruiser : Raja Kecil

Dealer Toyota Palangkaraya, KalimantanToyota Land Cruiser seringkali disebut sebagai rajanya 4x4, pada tahta tertinggi dalam kerajaan Toyota. Dan supremasi ini dipegang teguh oleh pabrikan Jepang tersebut. Prado merupakan tipe light duty dari sebuah Land Cruiser, dan dihadirkan bukan untuk menyaingi Toyota Land Cruiser.
Kemunculannya ini praktis membuka satu segmen kelas baru yang ditempatkan di bawah kasta Land Cruiser besar. Namun, bagaimana pun juga, darah sebagai legenda 4x4 yang diwariskan dari leluhurnya tetap saja menjadikannya raja kecil, yang tentunya ditempatkan pada pangsa pasar yang berbeda dengan Land Cruiser besar.

Seperti halnya kemunculan Land Cruiser 200 yang mendapat sambutan meriah di seluruh dunia, generasi IV Prado pun tak kalah mencuri perhatian. Bahkan sebelum dilempar di pasar, pertengahan tahun 2009 silam gambar generasi terbaru Prado ini muncul di dunia maya dan santer menjadi bahan perbincangan.

Terdapat tiga pilihan mesin bagi Prado. Mesin 2,7 liter 2TR-FE yang juga dipergunakan pada Toyota Fortuner sebagai pilihan yang mendampingi mesin V-6 1GR-FE yang dicomot dari FJ Cruiser. Sedangkan mesin 4 silinder diesel D4D 1KD-FTE turbo commonrail yang juga merupakan standar Hilux Vigo dipersiapkan sebagai pilihan.

Tubuh lebih mungil dari 200 series dan hanya dipersenjatai dengan mesin lebih kecil bukan lantas menjadikan Prado sebagi SUV yang pantas dipandang sebelah mata. Sejumlah piranti canggih yang juga dipersenjatakan pada Land Cruiser 200 dapat pula ditemui pada SUV rakitan Tahara Plant Aichi Jepang ini.

Sebut saja Kinetic Dynamic Suspension System (KDSS) yang membantu kestabilan di jalan raya dan Crawl Control, fitur kendali stabilitas dengan torsion bar aktif yang membantu ketika menuruni bukit-bukit.

Sebagai bagian dari legenda 4x4 dunia, Prado dilengkapi dengan sistem 4x4 canggih yang pengoperasiannya cukup dengan memutar tombol pada dasbor, selain itu kemampuan 4x4 kian mumpuni dengan kehadiran fitur Multi-terrain Select yang mengontrol tenaga dan rem secara otomatis untuk mengoptimalkan traksi pada berbagai permukaan jalan. Kondisi di sekeliling kendaraan dipantau oleh empat buah kamera yang ditampilkan lewat Multi-terrain Monitor yang tertanam pada tengah dasbor. Selain itu terdapat pula fitur Steering Angle Display yang bisa memberikan prediksi bagi pengendara dalam bermanuver ketika melalui medan yang sulit.

Tiga deret kursi yang diimilikinya memungkinkan Prado mengangkut 8 orang sekaligus dengan nyaman, dan untuk trim level tertinggi, baris ketiga dari kursi tersebut dapat diaktifkan secara elektrik. Para penghuni kabin Prado kian betah dengan alunan Alunan musik pun terdengar dari 14-speaker dari sistem JBL Synthesis 7.1-channel surround, navigasi via Hard disc drive dan perpustakaan musik, ditambah fitur Bluetooth standar dan MP3.

Mengenai fitur keselamatan, Prado baru ini mengadopsi tujuh airbag, termasuk airbag lutut pada pengendara, sandaran kepala depan aktif serta ABS. Dengan segala kemampuan dan fiturnya ini, tak mengherankan jika Prado ditempatkan sebagai raja kecil dalam khasanah produk 4x4 Toyota mendampingi Toyota Land Cruiser.

Senin, 01 Februari 2010

Toyota Dyna : Refleksi Optimisme

Dealer Toyota Manokwari, PapuaMembaiknya perekonomian nasional telah menghasilkan iklim yang prospektif bagi para pelaku pasar. Tentunya kenyataan ini harus dijadikan peluang bagi mereka yang jeli melihat kesempatan.
Dengan nilai tukar rupiah yang kini stabil di kisaran Rp 9.500 per dolar AS, diikuti inflasi yang terprediksi di rentang 2,5%-3% maka jelas tergambar bahwa perekonomian sedang beranjak baik.

Artinya, inilah salah satu saat yang tepat untuk meluncurkan kendaraan komersial. "Kendaraan niaga sekaligus membantu mendorong roda perekonomian Tanah Air," ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM).

Dan PT. TAM secara nyata menunjukkan keseriusannya ketika melansir Dyna baru dalam 5 varian sekaligus, yaitu 130 HT, 130 XT, 110 ET, 110 FT dan 110 ST. Beberapa perubahan pun dilakukan demi meningkatkan kualitas "Si Kepala Merah".

Misalnya kenyamanan yang bertambah berkat power steering dan tilt telescopic yang tersedia di semua varian. Sasis dan differential pun telah diperkuat dengan kombinasi rasio final gear lebih besar, sehingga Toyota Dyna baru lebih tangguh menghadapi medan berat.

Fleksibilitas tidak hanya datang dari total varian yang tersedia, melainkan juga dari keniscayaan mengkonversi dalam beragam format kendaraan niaga. Desain baru Dyna memudahkan untuk diubah menjadi ambulan, truk pengangkut air mineral, truk bak kayu dan lain-lain.

Diharapkan penjualan Toyota Dyna akan meningkat dari pencapaian 2009 yang merebut 17% pasar kendaraan komersial di segmen truk 2 ton.