Kamis, 10 Januari 2013

Tips Menyetel Karburator Mobil Anda

Karburator adalah salah satu bagian mesin mobil yang berfungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar agar tercipta pembakaran yang sempurna
Bagi sebagian orang yang tidak mempunyai pengetahuan banyak tentang dunia otomotif, pasti akan bertanya-tanya apa fungsi utama dari karburator mobil.

Karburator adalah salah satu bagian mesin mobil yang berfungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar agar tercipta pembakaran yang sempurna. Kini anda hanya bisa menjumpai kaburator pada mobil-mobil tua yang diproduksi pada tahun 80an, karena teknologi pembakaran pada mobil saat ini sudah menggunakan sistem injeksi bahan bakar.

Jika anda mempunyai sebuah mobil lawas peninggalan orang tua/ kakek anda, anda bisa menghidupkan mesin mobil tersebut dengan cara menyetel karburator mobilnya terlebih dahulu.

Berikut adalah cara-cara menyetel karburator mobil yang baik dan benar:
  • Mengendurkan sekrup idle tetapi AC mobil tetap dihidupkan. Anda dapat menghentikan penyetelan karburator jika sekrup tersebut tidak bisa lagi merendahkan RPM mesin mobil yang sedang dinyalakan.
  • Mengatur sekrup RPM mesin yang diturunkan secara terus menerus hingga 500 atau sampai mesin hampir mati.
  • Sekrup idle yang disetting dengan cara mencampurkan udara dengan bensin/ bahan bakar.
  • Memutar sekrup ke arah kiri hingga hampir mati dan putar balik sekrup ke arah kanan hingga hampir mati juga.
  • Sekrup diputar kembali untuk mendapatkan RPM tertinggi. Dengan cara demikian, anda akan mendapatkan campuran bensin dan udara yang sesuai dan terbaik bagi mobil tua anda.
  • Jika sudah menemukan campuran yang terbaik, settinglah sekrup hingga RPM 700, 800, 900, atau besarnya RPM yang anda inginkan untuk mendapatkan campuran yang sesuai dan pas untuk kaburator mobil lawas anda.
  • Jika semua RPM sudah berhasil di setting, sekarang saatnya menyetel sekrup idle up AC. Caranya adalah dengan menghidupkan AC kemudian amati RPM mobil anda. Ketika AC mobil sudah dinyalakan, anda akan melihat bahwa RPM mobil anda sudah turun atau berkurang bahkan kembali ke skala semula. Jika sudah demikian, setel atau setting sekrup idle up hingga mencapai RPM 900 sampai 1000.
  • Step yang terakhir adalah melihat RPM yang sudah anda setel. Caranya, matikan AC mobil anda dan amati apakah RPM idle sudah sesuai dengan RPM yang diinginkan.
Dalam hal mensetting ulang karburator mobil, anda akan menjumpai tiga macam sekrup yang terpasang di karburator. Tiga macam sekrup tersebut mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kinerja mesin dan bahan bakar agar lebih optimal. Mesin mobil akan bekerja secara optimal jika karburator mobilnya pun baik. Oleh karena itu, bagi anda pecinta mobil tua dan classic, tetap jaga performa karburator mobil anda demi optimalitas mesin mobil kesayangan anda.

0 komentar:

Posting Komentar